Untung PT HM Sampoerna tahun lalu Rp 10,1 triliun! Jika Gaji Anda 10 juta/bulan, maka Butuh 1.000.000 bulan bekerja agar menyamainya


Keuntungan bersih PT HM Sampoerna tahun lalu (2014) adalah 10,1 triliun rupiah. Kalau gaji kalian adalah 10 juta/bulan, maka kalian butuh nyaris 1.000.000 bulan bekerja agar menyamai untung perusahaan rokok ini.

Nah, ironinya adalah mayoritas perokok di negeri ini, penghasilannya paling mentok Rp 1 juta/bulan. bahkan konsumennya juga anak-anak yang masih minta uang sama orang tua. Uang dibakar. Mengalahkan pengeluaran untuk pendidikan, gizi, kesehatan.

Siapa yang paling kaya dengan adanya bisnis rokok? Petani tembakau? Perusahaan rokok lebih suka impor tembakau dari luar negeri. Pemerintah lewat cukai? Biaya perawatan penyakit akibat rokok lebih besar. Buruh perusahaan rokok? Ribuan buruh di PHK karena perusahaan lebih suka mesin. Silahkan cek data statistiknya, kalian akan tercengang.

Maka semua argumen demi petani, buruh, itu omong kosong!! Yang kaya adalah pemilik perusahaan--yang keluarganya bahkan menyentuh rokok pun tidak. Berhentilah heroik sekali membela rokok hanya karena kita merokok. Mereka pemilik perusahaan untung habis2an, kita justeru ngasih uang, tekor kesehatan pula.

Semoga ada yang mau memikirkannya.

*Tere Liye

http://tolongshare.beritaislamterbaru.org [Sumber Facebook Tere Liye]

Banner iklan disini