Foto Amien-Rizieq 'Hilang' di IG, Gerindra: 'Penguasa' Ikut Serta

Foto: Dok. Istimewa

Moslemcommunity.net - Penghapusan foto Amien Rais dengan Habib Rizieq Syihab di Instagram berbuntut panjang. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menilai 'penguasa' ikut campur dalam penghapusan foto ini.

"Ada indikasi bahwa foto ini bikin 'panik' penguasa, sehingga patut diduga 'penguasa' ikut serta dalam kasus ini," ujar anggota badan komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade kepada wartawan, Selasa (5/6/2018).

Gerindra menilai dihapusnya foto Amien-Rizieq oleh Instagram harus menjadi perhatian publik. Terutama, bisa saja ada yang membuat algoritma pendeteksi wajah untuk Habib Rizieq.

"Ini tentu harus jadi perhatian bagi publik karena ini tahun politik. Apalagi ada indikasi bahwa ini ada yang membuat algoritma face detect untuk HRS. Bukan akibat banyak laporan masyarakat ke IG," tutur Andre.

Foto yang mendadak hilang itu sebelumnya ada di akun Instagram @amienraisofficial. Sebelumnya, ada foto Amien Rais saat bertemu Habib Rizieq Syihab dan Prabowo ketika umrah. Saat dilihat pada Senin (4/6/2018), foto itu tidak ada lagi.

Admin Ig @amienraisofficial mengungkapkan kekecewaannya atas hilangnya foto-foto tersebut. Admin menyebut hal itu menjadi bukti kebebasan berekspresi yang dicederai.

Dihubungi terpisah, pihak Instagram membenarkan postingan foto di akun itu hilang. Tapi itu bukan kesengajaan dari pihak Instagram.

"Lagi dicek kenapa di-take down. Kemungkinan ini berdasarkan laporan pengguna," ujar perwakilan Instagram saat dihubungi Senin siang (4/6). (detik.com)

[http://news.moslemcommunity.net]
Banner iklan disini