Teliti Makan Di Restoran Saat Berlibur, Warung Seafood ini Sepiring Udang Rp 3,2 Juta!!


Teliti menu makanan sebelum memesan. Termasuk harga untuk tiap porsi. Bila kurang jelas, tanyakan secara detail kepada pelayan. Bila tidak, bisa-bisa Anda tertipu menu yang tercetak dengan menarik itu.

Simaklah pengalaman wisatawan di China –yang bermarga Zhu– ini. Dia "tertipu" oleh menu yang dipasang sebuah restoran seafood. Akibatnya, Zhu harus merogoh kocek jutaan rupiah hanya untuk sepiring udang dan beberapa menu lainnya.

Kisah itu bermula saat Zhu berlibur ke wilayah Qingdao bersama keluarga. Pria asal Nanjing ini singgah ke restoran seafood. Seperti di restoran lain, di tempat itu Zhu dan keluarga disodori menu makanan. Foto menu makanan itu sungguh menarik, menggugah selera.

Diamatilah menu itu lekat-lekat. Selain melihat menu, mereka juga melihat harga untuk menyesuaikan isi kantong. Dan terpautlah mata mereka pada menu udang lezat. Mereka melihat jelas tulisan 38 yuan atau sekitar Rp82 ribu. Ah, masih terjangkau. Sejauh itu, tak ada masalah.

Pesanlah mereka sepiring udang dan beberapa menu lain. Dengan lahap mereka santap, termasuk satu piring berisi 40 udang. Mereka habiskan beramai-ramai. Nikmat masih terasa di lidah. Kenyang di perut belum juga turun. Namun mereka harus segera beranjak. Maka dibayarlah pesanan yang telah ludes dimakan itu.

Dan saat menerima bon tagihan, Zhu dan keluarganya terperanjat. Mereka mengamati lekat-lekat bill itu karena merasa ada yang salah. Zhu tak menyangka harus membayar 2.700 yuan atau sekitar Rp5,8 juta untuk pesanan yang telah mereka habiskan. Sepiring udang yang mereka pesan ternyata harganya 1.520 yuan atau sekitar Rp3,2 juta.


Ya, harga Rp82 ribu yang tertera pada daftar menu itu ternyata bukan harga sepiring udang. Yang tertulis itu ternyata harga perekor. Satu ekor udang dihargai Rp82 ribu. Sehingga, Zhu harus membayar satu piring berisi 40 ekor udang dengan Rp3,2 juta. Ditambah menu lain, Zhu harus membayar Rp5,8 juta. (Dream)


Banner iklan disini