Wow! Hacker Bisa Pantau Anda Lewat CCTV yang Dibobol

Ilustrasi CCTV.. (google)

Moslemcommunity.net -  Fungsi perangkat kamera CCTV (Closed Circuit Television) memang ditujukan sebagai keamanan tapi di satu sisi juga bisa membuat Anda terancam. Bukannya membantu Anda memantau kondisi sekitar, justru Anda bisa dipantau langsung oleh orang yang tidak diketahui.

Dikutip dari Bleeping Computer, peneliti keamanan siber asal Argentina bernama Ezeuqiel Fernandez baru saja merilis sebuah video mengenai penemuan alat program yang bisa digunakan untuk meretas akses beberapa merek perangkat Digital Video Recorder (DVR) yang terhubung ke kamera CCTV.

Alaat bernama getDVR_Credentials ini membuat peretas memiliki akses sepenuhnya terhadap CCTV dan dari jarak jauh mereka bisa memantau langsung gerak gerik Anda lewat CCTV serta bisa saja memanipulasi rekaman video yang tersimpan di DVR.

Dijelaskan bahwa awalnya Fernandez mengira celah keamanan ini hanya ditemukan pada DVR buatan merek TBK tapi ternyata beberapa DVR dengan sistem di dalamnya juga memiliki cleah keamanan yang sama.

Lewat pemantauan menggunakan layanan monitor network security Shodan, Fernandez menemukan ada 55 ribu DVR yang bisa diserang.

Dalam screenshot yang diunggah Fernandez, diperlihatkan akses yang bisa didapatkan dari serangan tersebut mulai dari akses langsung ke sistem DVR, memantau langsung video yang terekam dari CCTV hingga membuat konfigurasi CCTV lewat perangkat DVR. Jadi secara tidak langsung kendali CCTV bisa jatuh ke tangan peretas.

Meskipun begitu sejauh ini Fernandez mengaku belum menemukan satupun serangan yang dilakukan terhadap CCTV atau DVR menggunakan perangkat yang dia temukan.

Apalagi dengan sistem keamanan yang kini serba terhubung satu sama lain lewat internet, bukan tidak mungkin apabila nantinya peretas bisa mengendalikan CCTV dalam jumlah banyak sekaligus.

Sejauh ini solusi yang ditawarkan oleh Fernandez adalah agar para pembuat sistem DVR meningkatkan keamanan perangkatnya dan bagi konsumen untuk tidak menggunakan kata kunci standar pada akses DVR maupun CCTV. Misalnya, menggunakan username dan kata kunci standar bawaan yaitu "admin".

Peretasan CCTV belakangan ini menjadi isu panas berkaitan dengan politik dan kegiatan spionase atau mata-mata antar negara. Amerika Serikat sendiri dikabarkan telah mengeluarkan instruksi agar tidak menggunakan CCTV buatan Tiongkok di pangkalan militer mereka. (medcom)

[http://news.moslemcommunity.net]
Banner iklan disini