[Pembelajaran] Selalu Cek Struk Pembayaran! nih Kasir Salah Ketik, Bon Makan Siang Jadi Rp 17 Juta


Jika terbiasa menggunakan sistem nontunai dalam pembayaran, Anda harus berhati-hati. Bisa jadi, Anda harus membayar bon belanja jauh dari nilai yang sebenarnya.

Pengalaman ini pernah dialami oleh seorang wanita bernama Icha saat makan siang di sebuah kafe di kawasan perbelanjaan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang. Dia harus membayar menu makannya di kafe tersebut sebesar Rp 17 juta lebih.

Icha memfoto bon dan struk kartu debit dengan jumlah nominal yang berbeda. Foto itu lantas dia unggah ke akun jejaring sosial Path miliknya.

Dalam akun itu, Icha menulis dia sering mendengar kabar kasir sebuah restoran kerap memasukkan nominal tidak sesuai dengan yang tertera dalam bon tagihan makan ke dalam mesin EDC. Terkadang, kejadian semacam itu tidak disadari oleh pelanggan.

"Nah pas siang ini abis jemput Qianna gw mampir makan di resto ini. Pas mau bayar, gw kasih atm BCA gw ke pelayan," tulis Icha.

"Tapi karna perlu pin, makanya gw dipanggil ke kasih buat masukin pin. Sambil gw masukin pin, gw diajak ngobrol, ditanya makanannya enak ngga dll," lanjut dia.

"Nah tapi pas gw cek struk yg keluar dr mesin edc kok 17jut amat!!! Protes dong yaaaa...," ungkap dia.

Icha seketika meminta pelayan untuk memanggil manager restoran tersebut. Tetapi, satu pelayan memberitahu sang manager sedang salat.

Icha akhirnya memutuskan untuk menunggu sang manager. Sambil menunggu, sang kasir mengeluarkan perkataan yang mengejutkan Icha.

"Untung masih disini bu, kalo udah keluar resto ngga bisa kita proses pengembalian uangnya, dan kalaupun bisa pasti butuh waktu lama," tulis Icha menirukan perkataan sang kasir.


Banner iklan disini