Waktu Luang Jangan Disia-siakan, Demi masa, Sesungguhnya Manusia Dalam Kerugian

Waktu Luang Jangan Disia-siakan, Demi masa, Sesungguhnya Manusia Dalam Kerugian

WAKTU dimana ia tak akan mampu terulang. Waktu akan terus berjalan meski kita merangkak. Waktu akan terus menuntut untuk dijalani. Ia akan menggulung orang yang menyia-nyiakannya. Tetapi ia akan menguntungkan bagi orang yang mampu menyikapinya dengan sebaik-baiknya.

Allah SWT berfirman dalam QS Al-Asr ayat 1 sampai 3, artinya:
1. Demi masa
2. sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran.

Dari QS Al-Asr’ di atas Allah SWT menjelaskan bahwasanya manusia benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang yang beriman dan beramal saleh. Serta saling nasehat-menasehati untuk kebaikan. Maka gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya.

Manusia memang sering dilalaikan urusan duniwai, hingga melupakan bahwa usia ada batasnta. Juga lupa, bahwa sebelum menghadapi Allah SWT, dia harus mempersiapkan dirinya dengan amal ibadah yang cukup, bertobat atas segala dosa-dosa yang pernah dilakukannya, dan tentunya, mempersiapkan anak keturunannya dengan bekal keimanan yang kuat agar mereka menjadi anak yang saleh, yang dapat mendoakan orangtuanya.

Waktu, menurut salah satu ulama, laksana pedang yang sewaktu-waktu akan memenggal kita jika kita tidak memanfaatkannya. Sayangnya, manusia sering kali baru tersadar setelah segalanya hampiri terlambat. Kalau demikian, pantaslah Allah SWT menahbiskan orang yang menyia-nyiakan waktu sebagai orang-orang merugi. []

Referensi: Islam Jawab Semua Masalah Hidup/Iman Rachman/Erlangga/2011
Banner iklan disini