Berita Terbaru : Kapolda Metro Jaya Bantah Nakhoda KM Zahro Lompat Duluan Saat Kapal Terbakar

Berita Terbaru : Kapolda Metro Jaya Bantah Nakhoda KM Zahro Lompat Duluan Saat Kapal Terbakar
KM Zahro Express yang terbakar 1 Januari 2017 kemarin (Dok. Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara)

Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan membantah kabar yang menyebut nakhoda Kapal Motor (KM) Zahro Express melompat duluan saat kapal itu terbakar. Menurutnya, nakhoda kapal saat itu justru melompat paling akhir.

"Keterangan dari penumpang yang selamat, ternyata tidak. Nakhoda justru lompat terakhir. Itu akan kami dalami kembali," kata Iriawan dalam konferensi pers di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (2/1/2016).

Iriawan mengatakan, pihaknya akan terus meminta keterangan dan melakukan pemeriksaan kepada semua pihak yang terkait dalam kapal yang terbakar pada Minggu (1/1) itu.

"Tetap kita periksa. Semuanya yang ada berkaitan sengan kapal, nakhoda, juru mesin, ABK (anak buah kapal), pemilik kapal," ujar Iriawan.

Menurut Iriawan, jika nantinya ditemukan bukti yang mengatakan kejadian itu merupakan kelalaian, dia akan segera mengambil tindakan tegas. Iriawan sudah mendatangi tempat kejadian terbakarnya KM Zahro.

"Kami sudah kembali ke TKP, segera lakukan penyelidikan, tim akan bekerja terus. Kalau ditemukan bukti pidana yang cukup, kami akan lakukan penyidikan. Kita dalami semuanya sebab musabab tragedi," tutur Iriawan.

"Kita lakukan pemeriksaan. Dari sana mengarah ke mana, nakhoda abk, penyelenggara pelabuhan, kemudian pemilik kapal," sambungnya

Sebelumnya diberitakan, Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Satriadi Gunawan menyatakan kapten kapal itu menyeburkan diri duluan ke laut saat kapal beranjak terbakar. Sang nakhoda itu meninggalkan penumpang di kapal.

"Kapten kapal nyebur duluan, loncat," kata Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Satriadi Gunawan kepada detikcom, Minggu (1/1) kemarin.


(kst/dnu)

Detik
Banner iklan disini